SMA Negeri 1 Seyegan merupakan salah satu SMA di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki komitmen kuat untuk mewujudkan visi dan misi sekolah. Pada tanggal 25 Agustus 2023, SMA Negeri 1 Seyegan terpilih menjadi salah satu dari misi tersebut tahun ini memperoleh gelar sebagai sekolah adiwiyata nomor 3 se provinsi DIY.

Artinya SMA Negeri 1 Seyegan mendapat kesempatan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta untuk berlaga dalam adiwiyata nasional tahun 2024 bersama dengan SMA negeri 1 Sleman dan MAN 3 Kulonprogo. Seperti halnya sudah diketahui bukan kemenangan yang hendak dicapai, namun suasana sekolah yang lebih bersih dan sehat adalah tujuan yang utama, sekaligus sebagai upaya untuk menggaungkan gerakan budaya peduli lingkungan dikalangan masyarakat disekitar sekolah. Berbagai kegiatan dilaksanakan baik dilingkup sekolah maupun masyarakat.

Dari hasil yang sudah disematkan tentunya diperlukan juga banyak kegiatan kepedulian lingkungan di sekitar sekolah dan membutuhkan Kerjasama dengan berbagai instansi dan pihak terkait. Termasuk dari warga sekolah baik peserta didik, guru serta karyawan bekerjasama dengan intensif demi tercapainya lingkungan sekolah yang nyaman.

Selain membersihkan lingkungan fisik sekitar sekolah, berbagai program-program yang membudayakan sikap peduli lingkungan juga mulai diterapkan pada seluruh warga sekolah. Upaya lain juga dapat dilakukan dengan melaksanakan kampaye konservasi energi pada masyarakat sekitar yakni dengan membagikan stiker berisi himbauan untuk mematikan alat-alat elektronik saat tidak digunakan.

Berbagai strategi dan kegiatan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Seyegan untuk mendukung program Adiwiyata seperti peningkatan sarpras, pembentukan kader adiwiyata, kampanye dan publikasi Gerakan Budaya Peduli Lingkungan Hidup Sekolah (GBPLHS), kerja sama dengan bank sampah dan Dinas Lingkungan Hidup, dan lain-lain. Mohon doa dari semua untuk menyukseskan SMA Negeri 1 Seyegan dalam  rangka menuju sekolah adiwiyata tingkat nasional.