Idul adha adalah hari raya umat Islam. Hari raya tersebut bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijah. Pada hari tersebut diperingati peristiwa qurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putranya (Nabi Ismail). Perintah tersebut didapatkan Nabi Ibrahim melalui mimpi, kemudian Nabi Ibrahim berdiskusi dengan Nabi Ismail. Dengan penuh ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail melaksanakan perintah tersebut dan atas izin Allah SWT, Nabi Ismail diganti dengan seekor domba besar. Sejak peristiwa itu, umat Islam diperintahkan untuk berkurban.

Siswa di SMA N 1 Seyegan sebanyak kurang lebih 927 siswa yang didominasi oleh siswa muslim. Untuk melatih siswa dalam melaksanakan perintah Allah SWT, meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta meningkatkan hasil guna dan daya qurban. Maka dari itu, kami selaku pengurus ROHIS Al-Fath SMA N 1 Seyegan akan mengadakan penyembelihan hewan qurban dan pembagian daging qurban di sekolah.

Pada kegiatan ini Rohis Al Fath mengadakan voting dengan menyediakan dua opsi untuk dibagikan ke setiap kelas 10 dan 11. Pada opsi pertama yaitu setiap kelas melakukan iuran untuk membeli sapi dan disembelih di sekolah, kemudian dagingnya akan di distribusikan kepada warga yang kurang mampu. Sedangkan opsi kedua yaitu siswa melakukan iuran untuk membeli sapi dan disembelih di sekolah, kemudian daging dibagikan ke masing-masing kelas. Dari hasil voting, didapatkan 4 kelas memilih opsi pertama, 11 kelas  memilih  opsi  kedua, 1 kelas memilih netral, dan 2 kelas tidak memilih kedua opsi. Berdasarkan hasil tersebut, kami selaku pengurus ROHIS dapat mengambil keputusan untuk merealisasikan opsi kedua.

Penyerahan hewan qurban di lingkungan sekitar sekolah yaitu satu ekor kambing dilaksanakan pada 28 Juni 2023. Sementara itu kegiatan penyembelihan satu ekor sapi dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juli 2023 pukul 07.00 sampai dengan selesai. Adapun daging qurban dibagikan perkelas untuk dapat dikelola oleh kelas masing-masing. Hal ini mengingat kegiatan dilaksanakan pada saat libur tasrik terakhir, sehingga peserta didik tidak memungkinkan untuk dikumpulkan bersama secara menyeluruh.

Semoga dengan Latihan berqurban ini dapat meningkatkan iman dan taqwa bagi seluruh warga SMA Negeri 1 Seyegan. (kun)