Selasa, 14 Juni 2022 SMA Negeri 1 Seyegan mengadakan Workshop Manajemen dan pengelolaan sampah serta pembuatan eco enzyme dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sebagai upaya meningkatkan kepedulian siswa siswi SMA Negeri 1 Seyegan terhadap lingkungan.

Workshop peringatan hari lingkungan hidup diikuti oleh 28 orang kader adiwiyata dan mengundang pembicara aktifis pegiat lingkungan hidup dari DLH Kabupaten sleman, Bapak Hariadi. Harapannya dengan diadakan kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian siswa siswi SMA Negeri 1 Seyegan terhadap manajemen sampah dan mengolahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat seperti eco enzyme. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Drs. Suharyanta selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Beliau menegaskan bahwa workshop ini selaras dengan predikat Sekolah Adiwiyata yang disandang oleh SMA Negeri 1 Seyegan.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memunculkan agen perubahan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan sesuai dengan tema hari lingkungan hidup sedunia tahun ini yaitu, Satu Bumi untuk Masa Depan,” tegas beliau.

Selain materi manajemen dan pengelolaan sampah, Bapak Hariadi juga memberikan workshop pembuatan eco enzyme. Peserta diajak langsung membuat eco enzyme berbahan dasar kulit buah. Eco enzyme merupakan hasil dari fermentasi sampah organik seperti ampas atau kulit buah dan sayuran yang ditambahkan gula kemudian dilarutkan dengan air. Eco enzyme bisa menjadi cairan multiguna yang memiliki banyak manfaat bagi bidang pertanian, peternakan dan juga rumah tangga.(Nk)